Seppuku

Seppuku merupakan salah satu adat para samurai, terutama jenderal perang pada zaman bakufu yang merobek perut mereka dan mengeluarkan usus mereka agar dapat memulihkan nama mereka atas kegagalan saat melaksanakan tugas.



Secara singkat, tidak ada kode etik yang tertulis, bagi para Samurai ini. Yang ada adalah contoh2 perbuatan dan ungkapan2 lisan dari orang2 yang telah berjasa dalam perjuangannya yang dijadikan acuan bagi generasi Samurai selanjutnya. Tidaklah mengherankan bahwa hanya satu slogan yang berlaku bagi para Samurai yakni:”Ich diene“-“I serve“.Kode etik dan perilaku yang diharapkan bagi para Samurai dikemas dalam satu ungkapan yakni Bushido.

Seorang Samurai menaruh kehormatannya sebagai puncak dari kehidupannya. Lebih baik mati daripada menanggung malu. Dari itu ritual seperti seppuku dan hara kiri.

Beda ya ama orang Indonesia gak ada rasa malunya udah ketauan KORUPSI triliyunan gak ada MALUnya. Bukan berarti harus SEPPUKU ya kalau MALU minimal mengakui kesalahan dan meminta Maaf kepada Tuhan dan orang yg pernah disakiti, dan BALIKIN dong uang yg di korupsiinnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: