Me-Manage Marah

Yang dikatakan orang kuat bukanlah orang yang menang bergulat. Tetapi orang kuat adalah orang yang dapat mengendalikan dirinya ketika sedang marah. (HR. Bukhari muslim)

Pas kemaren gw bawa motor mana hujan2 tuh ada mobil dg nyantainya Nyiparatin gw air ampe basah2 gitu dah gw nya. Gw mau ngomel2 ama tuh mobil juga gak ada gunanya, secara dianya udah kabur meninggalkan gw, mendingan gw ngendaliian diri gw dr rasa marah yg ada di hati gw.

Pada prinsipnya, perasaan marah tidak dapat ditekan, dihilangkan atau diabaikan begitu saja. Semakin berusaha untuk ditekan, semakin hal itu akan mengendalikan perilaku Anda dan semakin merusak hubungan Anda dengan orang lain. Namun, Anda tidak dapat pula menghindari, mengesampingkan atau melenyapkan hal-hal atau orang-orang yang membuat Anda marah.

Gimana sih cara Mengendalikan emosi (Marah) kita. Kalau menurut Bpk Hendra Dermawan A.Md (siapa tuh ya ??), setelah menelaah dr berbagai sumber. Berikut cara2 me Me Manage Marah versi Bapak Hendra:

1. Renungkan Dampak dr Tindakan (Marah kita), Apakah lebh byk Manfaat Manfaatnya drpd Mudharatnya, karna niatnya kita Marah mau buat org lain Sadar malahan membuat Hubungan kita malahan Renggang Malahan bisa Rusak.

2. Sadarilah, Setiap marah pasti ada penyebabnya, Tapi Masalahnya “jarang” sekali tepat alasannya, dan malahan terlalu jadi berlebihan, biasaya kesalahan org itu sebenernya gak gede2 amat, karna kita tidak bisa mengontrol emosi, eh malah jadi Kuacau deh.

3. Jangan ngomong dulu ama org yg mau kita marahi (membuat kita kesel) itu, Kalau gw sih biasanya jaga jarak dulu, kalau bisa jgn ampe ngobrol, soalnya kalau gw lg kesel bgt ama org biasanya ngomongnya jadi ngelantur seenaknya aja gitu.

4. Langsung Cabut dr tempat itu, dan pergi ke tempat yg tenang, Ketempat yg penuh nuansa Hijau gitu, supaya Hati lebih sejuk.

5. Cari tempat yg Sepi Untuk Ngomong baik2. Jangan sampe kalau emosi kita meluap saat ingin ngomong baik2 tadi dilihat org byk. Karna hanya membikin org lain Malu. Dan malahan bisa Dendam ma Kita. Kalau org udah Dendam ama kita, Berarti nyawa taruhannya, Kayak istri yg Mutilasi Suaminya karna di marahi di depang org, hehehe (emang ada yah kejadian kayak gitu).

Siapa pun tau marah itu mudah, Tetapi, marah pada orang yang tepat, dengan kadar yang sesuai, pada waktu yang tepat, demi tujuan yang benar, dan dengan cara yang baik, bukan hal yang mudah.

Leave a Reply

